Cara Ampuh Mencegah Keputihan Secara Alami – Keputihan memang suatu hal yang wajar, dan hampir semua wanita mengalaminya. Namun, jika keputihan terjadi terus menerus, itu bukan suatu hal yang wajar. Karena bisa saja keputihan tersebut bukan keputihan yang normal, jadi perlu diperhatikan secara khusus agar tidak berakibat buruk nantinya.

Sebenarnya Apa Sih Keputihan? Dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

Keputihan merupakan sekret yang keluar dari vagina. Biasanya keputihan keluar sebelum masa menstruasi atau sesudah masa menstruasi, dan biasanya terjadi pada wanita yang sedang hamil. Hal ini merupakan hal yang wajar, apabila cairan tersebut tidak berwarna, tidak bau, tidak gatal dan tidak panas.

Namun, terkadang ada pula keputihan yang berbahaya bagi tubuh, seperti keputihan yang berwarna, gatal, panas, dan bau. Bahkan terjadi berhari-hari bahkan berbulan-bulan, sehingga mengeluarkan aroma yang tidak sedap hingga tercium oleh orang yang didekatnya.

Tahukah kamu apa sih sebenarnya yang menyebabkan terjadinya keputihan terjadi pada wanita itu apa saja? Ada banyak sekali penyebab yang bisa mengakibatkan terjadinya keputihan pada tubuh wanita, antara lain :

1. Sering Gonta Ganti Pasangan Seks

Faktor pertama terjadinya keputihan adalah karena kamu sering gonta ganti pasangan seks. Biasanya wanita akan mengalami keputihan yang sering terjadi, bahkan berhari hari. Ciri-ciri keputihan yang dialami biasanya berwarna kuning bahkan hingga hijau. Terasa panas pada vagina, gatal, perih dan sampai sakit di pinggang.

2. Kurang Menjaga Kebersihan Vagina

Faktor kedua yang menyebabkan terjadinya keputihan yaitu kamu kurang menjaga kebersihan vagina. Seperti apakah itu, yaitu ketika kamu buang air besar tidak membersihkannya dengan air bersih hanya dibersihkan dengan tissu saja. Bakteri yang tidak dibersihkan bisa masuk kedalam lubang vagina.

Selain itu juga, kamu tidak membersihkan vagina dengan menggunakan air yang mengalir ketika buang air kecil. Serta kamu tidak mengganti celana dalammu ketika dalam kondisi yang lembab. Semua kesalahan tersebut bisa menyebabkan terjadinya keputihan.

3. Tidak Pernah Mengganti Pembalut Ketika Menstruasi

Tahukah kamu, darah menstruasi adaah darah kotor yang keluar dari tubuhmu bersamaan bakteri bakteri jahat didalam vagina. Nah, jika kamu tidak sering ganti pembalut dalam 4 jam sekali maka bakteri yang ada di pembalut tersebut akan masuk lagi kedalam lubang vagina. Dan inilah yang bisa mengakibatkan munculnya keputihan.

Lalu Bagaimana Cara Mencegah Agar Keputihan Tidak Terjadi Atau Tidak Menyebar Secara Luas?

Tahu nggak sih, kalau semua wanita itu akan mengalami keputihan. Tapi keputihan yang masih dalam batas normal ya, dan jangan sampai masuk kedalam keputihan abnormal lho. Karena keputihan yang abnormal bisa membahayakan diri kamu sendiri nantinya. Yang rugi kamu sendiri bahkan jika kamu sudah berkeluarga maka akan berdampak buruk bagi rumah tanggamu.

Nah lho, tentu saja kamu tidak menginginkan itu terjadi bukan. Yuuk mulai sekarang jaga daerah miss v mu agar tetap sehat dan bebas dari keputihan. Bagaimanakah caranya ?

1. Jangan Sembarangan Kontak Fisik Dengan Vagina Termasuk Cara Menggunakan Celana Dalam

Cara mencegah keputihan keputihan dengan cara tidak kontak fisik sembarang dengan vagina termasuk dalam menggunakan celana dalam. Alangkah baiknya sebelum menyentuh vagina, kamu mencuci tanganmu, agar bakteri di tangan tidak masuk ke dalam lubang vagina.

Begitu pula dalam menggunakan celana dalam, gunakanlah celana dalam yang berbahan katun agar bisa menyerap keringat. Sehingga tidak membuat vagina dalam kondisi yang lembab, karena jika dalam kondisi yang lembab bakteri penyebab keputihan akan mudah menyebar.

2. Jaga Pola Makan dan Minum Agar Tidak Menyebabkan Perubahan PH pada Vagina

Cara mencegah terjadinya keputihan yang kedua adalah dengan cara mencegah makan dan minum yang dapat menyebabkan terjadinya keputihan. Dan konsumsilah makanan yang dapat membantu mengatasi gangguan reproduksi serta makanan yang dapat melawan bakteri jahat penyebab keputihan.

Karena makanan berminyak dan mengandung lemak dapat menyebabkan keputihan menjadi semakin parah karena dapat merubah kadar hormon dalam tubuh. Selain itu makanan yang dapat meningkatkan suhu tubuh juga dapat merusak sistem keseimbangan Ph dalam vagina.

Tidak hanya makanan saja yang harus dihindari tapi minuman yang mengandung kafein juga perlu dihindari. karena minuman yang mengandung kafein dapat menyebabkan perubahan hormon estrogen sehingga mempengaruhi kondisi ph dalam vagina.

3. Hindari Setress dan Depresi

Cara ketiga agar tidak terjadi keputihan yaitu menghindari setress dan depresi. Hai, tahukah kamu kalau setress dan depresi bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya keputihan lho. Loh kok bisa ya?

Semua organ dalam tubuh manusia cara kerjanya dipengaruhi dan di kontrol oleh sistem otak. Nah ketika reseptor otak mengalami kondisi setress dan depresi, maka dapat menyebabkan terjadinya perubahan dan keseimbangan hormon-hormon dalam tubuh. Sehingga mengakibatkan sirkulasi darah dan merusak kesimbangan Ph dalam vagina dan menyebabkan keputihan.

Nah ketiga cara tersebut bisa sangat membantumu agar keputihan tidak menjadi lebih parah dan tidak terjadi lagi dalam hidupmu. Namun jika kamu sudah mengalami keputihan, alangkah baiknya segera ditangai dengan cara cara yang alami seperti menggunakan herbal erosi portio.

Herbal erosi portio merupakan salah satu herbal alami yang secara khusus untuk mengobati sariawan mulut rahim yang menyebabkan keputihan. Selain itu juga herbal erosi portio sangat aman untuk digunakan karea terbuat dari herbal alami.

Untuk informasi lebih lengkapnya mengenai herbal erosi portio , kamu bisa hubungi Mbak Salma/Mbak Nayla. Informasi Mbak Salma : 0816607401/08112993401, pin BBm : CSRATU77, Mbak Nayla : 08112993402/0816607402, pin BBM : CSRATU88

Tolong Dishare Ya...