Sebelum Kamu Membaca Artikel Ini Sampai Akhir, Perlu Kamu Ketahui Informasi Penting Mengenai Cara Mencegah Kanker Serviks Di Bawah Ini

Kanker-Rahim1Berbicara mengenai penyakit kanker serviks, memang penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh semua wanita di dunia. Mengapa? Karena penyakit kanker serviks merupakan penyebab nomer satu kematian wanita di indonesia. Oleh karena itu, sebelum kamu terlambat sebaiknya kamu mengetahui cara mencegah kanker serviks agar penyakit tersevut tidak menyerang tubuh Anda.

Apa Itu Kanker Serviks?

Penyakit kanker serviks atau sering disebut dengan kanker mulut rahim, merupakan salah satu penyakit yang menyerang pada bagian organ reproduksi wanita, tepatnya di daerah leher rahim atau pintu masuk ke daerah rahim. Terjadinya penyakit kanker serviks dapat disebabkan karena adanya Human Papilloma Virus (HPV) didalam tubuh wanita. Virus ini sangat mudah sekali berpindah dan menyebar, tidak hanya melalui cairan, tetapi juga dapat berpindah melalui sentuhan kulit. Selain itu, penggunaan wc umum yang sudah terkena virus HPV dapat menularkan virus tersebut apabila sebelumnya tidak dibersihkan terlebih dahulu.

Faktor lain yang mampu menyebabkan munculnya virus HPV yaitu kebiasan hidup yang kurang baik, seperti merokok, kurangnya asupan vitamin C dan vitamen E, serta kurangnya asupan asam folat. Kebiasaan buruk lainnya yang dapat menyebabkan kanker serviks yaitu seringnya melakukan hubungan intim dengan berganti pasangan, serta melakukan hubungan intim pada usia dini (melakukan hubungan intim pada usia <16 tahun), dan faktor lain penyebab kanker serviks yaitu memiliki keturunan pengidap penyakit kanker, penggunaan pil KB dalam jangka waktu yang sangat lama, serta terlalu seringnya melahirkan.

Biasanya sulit dideteksi untuk bisa ditemukan penyakit kanker serviks, karena biasanya kanker serviks membutuhkan proses yang sangat panjang antara 10-20 tahun untuk menjadi sebuah penyakit kanker yang pada mulanya dari sebuah infeksi tertularnya virus HPV. Oleh karena itu, biasanya wanita disarankan untuk melakukan pap smear setiap 2 tahun sekali agar lebih mudah untuk pendeteksian virus HPV didalam tubuh seorang wanita.

Ciri-Ciri Wanita Yang Sudah Tertular Virus HPV :

  1. Selalu merasakan kesakitan ketika melakukan hubungan intim, bahkan sering diikuti flek merah hingga perdarahan
  2. Keputihan yang tidak normal dengan disertai perdarahan dalam jumlah banyak
  3. Sakit pada daerah pinggul
  4. Merasakan kesakitan atau nyeri ketika buang air kecil
  5. Keluarnya darah dalam jumlah yang banyak dan berlebih ketika menstruasi
  6. Pada saat mengalami stadium lanjut, akan mengalami kesakitan pada bagian paha atau salah satu paha bengkak, nafsu makan berkurang, berat badan tidak stabil, susah buang air kecil dan mengalami perdarahan spontan.

Dalam tubuh seorang wanita jika sudah terinfeksi virus HPV atau terserang penyakit kanker serviks, untuk pengobatan biasanya dilakukan dengan cara menghilangkan kanker serviks tersebut dengan cara tindakan pembedahan kemudian diteruskan dengan metode kemoterapi. Namun cara-cara demikian biasanya ditakuti oleh setiap orang, bisa membuat orang menjadi frustasi sehingga mengakibatkan penyakit semakin parah, hingga mengakibatkan kematian. Sebenarnya ada pula cara mengobati kanker serviks namun cara-cara tersebut belum menjamin kamu bisa terbebas dari kanker serviks atau sembuh total dari kaker serviks.

Nah, oleh karena itu sebelum terlambat, sebaiknya kamu mengikuti cara mencegah kanker serviks yang akan saya bagikan kali ini agar kamu dapat mencegah kanker serviks tidak ada ditubuhmu.

1. Secara Berkala Melakukan Pap Smear, untuk cara mencegah kanker serviks yang pertama yaitu secara berkala melakukan pap smear, dimana test pap smear dimaksudkan untuk mengetahui tentang resiko seberapa besar Anda terjangkit virus hpv atau kanker serviks. Test pap smear sebaiknya dilakukan setahun tiga kali, agar lebih mudah mengetahui seberapa besar Anda tertular virus hpv.

2. Menggunakan Vaksinasi HPV, untuk mencegah kanker serviks yang kedua, Anda bisa melakukan vaksinasi hpv, dimana Anda perlu berkunjung ke dokter spesialis untuk mendapatkan vaksin tersebut. Karena vaksin hpv sangat bagus untuk mencegah tertularnya virus hpv atau kanker serviks.

3. Tidak Berganti-Ganti Pasangan, cara mencegah kanker serviks yang ketiga yaitu jangan berganti-ganti pasangan. Mengapa sering berganti-ganti pasangan bisa menyebabkan terjadinya penyakit kanker serviks? Iya benar sekali, virus hpv bisa diidap siappun dan dapat ditularkan melalui hubungan seks. Dengan seringnya bergonta ganti pasangan dapat menyebabkan tertularnya virus hpv, terlebih mereka sama-sama tidak mengetahui bahwa pasangan mereka sudah terjangkit virus HPV. Oleh karena cukup menggunakan satu pasangan saja agar hiduo jauh lebih sehat dan aman.

4. Pacaran Sehat, untuk mencegah kanker servisk yang ke empat yaitu pacaran sehat. Mengapa pancaran masuk ke kategori cara mencegah kanker serviks? Iya benar sekali karena pacaran hanyalah memancing nafsu untuk sampai melakukan hubungan seksual. Dan biasanya pacaran belum tentu mencapai ke jenjang pernikahan, bisa sering berganti-ganti pasangan dan bisa pula sering melakukan hubungan seks dengan pacar yang baru. Seperti pada penjelasan point yang ketiga tadi, hubungan seks yang bergonta ganti pasangan dapat menyebabkan tertularnya virus HPV. Oleh karena itu mulai sekarang jika kamu masih berpacaran sebaiknya berpacaranlah yang sehat agar hidupmu selalu sehat dan bebas dari virus HPV.

Baik sahabat aura, ke empat cara mencegah kanker serviks di atas dapat kamu terapkan di dalam kehidupanmu agar kamu selalu sehat dan bebas dari penyakit kanker serviks. Karena 4 cara mencegah kanker serviks tersebut sudah banyak yang berhasil melakukannya dan hidupnya sehat dan jauh dari kanker, maka kamu perlu menirunya. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk sahabat aura semuanya…

Tolong Dishare Ya...